Catat! Cara Tepat Hitung Jumlah Porsi Catering Pernikahan

Catat! Cara Tepat Hitung Jumlah Porsi Catering Pernikahan

Pesta pernikahan merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh kedua mempelai, kerabat serta teman dekat. Untuk mewujudkan pesta yang sudah dinanti-nanti ini, biasanya sangat membutuhkan perjuangan agar menjadi momen yang tak terlupakan oleh semua yang terlibat.

Salah satu aspek yang sangat membutuhkan perjuangan dalam menyiapkannya adalah yang berhubungan dengan katering. Anda harus memilih menu yang sesuai bahkan harus menghitung berapa jumlah menu yang harus Anda dan pasangan siapkan.

Penghitungan porsi makanan di pernikahan ini sangat penting agar tidak kekurangan makanan dan tidak kelebihan juga. Berikut rumus yang harus Anda pakai untuk menghitung menu katering pernikahan.

Tim Hello Brides telah membuat simulasinya agar Anda mampu menghitung jumlah porsi catering pernikahan dengan tidak kekurangan dan tidak kelebihan juga. Simak dibawah:

  1. Jumlah Undangan Dikalikan Dua

Kemungkinan, tamu yang Anda undang tidak akan datang sendiri, biasanya akan mengajak pasangannya. Oleh karena itu, setiap undangan harus Anda kalikan dua agar menu makanan tidak kurang.

  1. Tambah Jumlah Keluarga dan Panitia

Setelah jumlah porsi untuk tamu sudah dihitung, saatnya Anda menambahkan jumlah keluarga mempelai wanita dan mempelai pria beserta anak-anaknya. Setelah itu, baru ditambahkan dengan jumlah seluruh panitia pernikahan.

  1. Kurangi 10% Faktor Ketidakhadiran

Mungkin Anda mengharapkan semua tamu undangan bisa hadir ke pesta pernikahan Anda, tapi Anda tidak bisa berbuat apa-apa jika tamu berhalangan hadir karena alasannya masing-masing. Maka, Anda harus sudah siap dengan pengurangan 10% dari total porsi awal yang sudah dirinci.

  1. Perbandingan Buffet dan Stall (60:40 dan 50:50)

Jika Anda mengadakan pesta di siang hari, maka Anda bisa memakai rumus 60% untuk buffet dan 40% untuk stall. Jika undangannya ada 1.000 orang, maka 60% dari undangan adalah 600 porsi buffet.

Jika mengadakan pesta pernikahan di malam hari, maka bisa memakai rumus perbandingan 50:50. Perbedaan terjadi karena biasanya tamu pada malam hari lebih memilih makanan ringan (stall) dibanding makanan berat (buffet).

  1. Perbandingan 1 Porsi Buffet sama dengan 5 Porsi Stall

Hal ini berlaku jika Anda menghidangkan menu prasmanan yang sudah memiliki banyak pilihan makanannya. Pada saat ini, tamu seringkali memilih satu porsi makanan stall saja padahal menunya masih banyak.

Jadi, rumus yang harus Anda lakukan adalah mengalikan jumlah porsi makanan stall. Jika 60% dikali 1.000 tamu dan dikalikan 5 akan menghasilkan 2.000 porsi.


Berikut contoh sederhana perhitungan jumlah porsi catering pernikahan:

Undangan: 500

Keluarga dan panitia: 50

Total: 550

Total undangan : 550 x 2 = 1100 porsi

Faktor ketidakhadiran : 10% x 1100 pax = 110 porsi

Jumlah porsi : 1100 – 110 = 990 porsi (bisa dibulatkan 1000 porsi)

Porsi buffet : 60% x 1000 porsi = 600 porsi

Porsi stall : 40% x 1000 porsi = 400 porsi x 5 = 2000 porsi

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan langsung pada jasa katering pilihan Anda. Kalau Anda belum mendapatkan catering untuk acara pernikahan Anda, silahkan hubungi tim marketing Hello Brides untuk dapatkan rekomendasi catering palembang terbaik untuk acara pernikahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2020 Hello Brides